Senin, 18 Januari 2016


Tengah : Tjaturina  mendampingi Rieka Suatan si Ibu Singer

Bunda PAUD Jombang Belajar Prakarya bersama Pendidik PAUD


Bagaimana menjadikan barang-barang  bekas menjadi hasil prakarya yang sangat cantik dan menarik telah diajarkan oleh Rieka Suatan dari Jakarta. Perempuan cantik yang sering tampil di TVRI di tahun 80 an populer dengan sebutan Ibu Singer. Artis yang telah menyibukkan waktunya keliling Indonesia untuk memberikan pelatihan keterampilan prakarya pada pendidik PAUD ini berkesempatan membagikan ilmunya kepada pendidik PAUD di Kabupaten Jombang.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 2 hari yakni (13 dan 14 Januari 2016 ) di gedung  Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang tersebut, dibuka oleh Ir. Tjaturina Wihandoko, MM Bunda PAUD Kabupaten Jombang. Kinerja para pendidik PAUD ditahun 2016 diharapkan semakin lebih baik .

Tjaturina Wihandoko memandang perlu untuk terus meningkatkan kompetensi juga keterampilan para pendidik PAUD. “Jika kita ingin membangun generasi yang aktif,  kreatif, dan inovatif, terlebih dahulu meningkatkan ilmu para pendidiknya”, tutur Tjaturina.
Membaca : Rahasia dibalik aneka hasil karya kerajinan tangan

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang ini menuturkan, bahwa disekitar kita banyak sampah atau limbah yang sesungguhnya dapat diolah  menjadi barang yang bermanfaat dengan sentuhan tangan-tangan yang kreatif dan telaten. Dari pelatihan tersebut diharapkan ilmunya dibagikan kepada anak didik. “pajanglah hasil karya  kerajinan anak-anak di kelas, mereka akan lebih percaya diri dikarenakan karyanya dihargai  oleh guru, teman dan orang tuanya. Sekaligus juga sebagai pembelajaran visual”, tutur Tjaturina Wihandoko Bunda Baca Kabupaten Jombang.

Rieka Suatan mengajarkan bagaimana cara membuat bermacam-macam produk dari kertas juga barang-barang yang sudah tidak terpakai. Wanita usia 70 tahun ini menyulap koran bekas dan beberapa bahan tambahan menjadi vas bunga berikut bunganya yang sangat menarik perhatian. “Selain punya nilai seni, hasil kerajinan tangan dari olahan sampah ini juga memiliki nilai jual tinggi. Maka di masa pensiun nanti, bisa saja guru menjadikan keterampilan mengolah sampah ini menjadi lahan  bisnis,”  harap Rieka.

Di antara berbagai macam bahan yang bisa dimanfaatkan adalah kertas koran bekas, kertas majalah bekas, daun jagung, hingga kulit kacang kering yang biasanya kita buang setelah dimakan isinya rupanya adapat diolah menjadi bermacam benda menarik yang justru mempunyai daya jual tinggi. Menurut ibu Rieka, hasil karya kerajinan semacam ini bukan hanya dapat membuat siswa siswi di sekolah menjadi lebih kreatif, tapi ibu bapak guru yang mengajarkan cara berkreasi seperti ini pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan. (Wati_Humas Jombang)

0 komentar:

Posting Komentar